>

Danau Batur Bali

danau batur bali
Objek wisata Danau Batur ini terletak di Desa Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Kawasan wisata ini menawarkan keindahan Gunung Batur dengan danaunya yang sangat menawan, dan untuk mencapai kawasan ini dapat ditempuh 2 jam dengan berkendara dari Kota Denpasar.

Dari sejarahnya yang dikutif dari id.wikipedia.org menyebutkan bahwa tempat ini memiliki satu pura yang disebut Pura Batur, tempat berstananya Dewi Danu yang menurut kepercayaan Hindu adalah Dewi Kesuburan. Pura ini sudah ada sejak zaman Empu Kuturan pada abad ke-10 sampai pada permulaan abad ke-11. Dimana disebutkan juga bahwa Pura Batur ini adalah merupakan tempat penyiwi bagi raja-raja yang berkuasa di Bali. Maka disana terdapat banyak pelinggih-pelinggih yang menjadikan Pura Batur sebagai Pura Kahyangan Jagad.

Di daerah ini terdapat sebuah desa tua (kuno) yang merupakan desa tradisional Bali asli yang bernama Desa Trunyan. Tidak seperti desa kebanyakan di Bali, di desa ini jika ada orang yang meninggal, maka mayat orang tersebut bukan di kubur melainkan di taruh di atas sebuah batu yang memiliki 7 cekungan dan hanya dipagari oleh bambu anyam. Anehnya walau mayat tersebut ditaruh begitu saja tanpa proses pembalsaman, tetap saja mayat tersebut tidak mengeluarkan bau. Rahasianya karena di daerah tersebut terdapat Taru Menyan (Pohon Menyan) yang mana bau yang dikeluarkan oleh pohon tersebut mampu mengalahkan bau dari jasad disana.

Ditulis Oleh : Diwira Travel

Putu Edi Anda sedang membaca artikel tentang Danau Batur Bali. Sobat diperbolehkan mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

No comments :

Post a Comment

BERKOMENTARLAH DENGAN BAHASA YANG BAIK DAN SOPAN, JANGAN SPAMMING