>

Pura Goa Lawah

pura goa lawah
Pura Goa Lawah Terletak di Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung Bali. Pura Goa Lawah oleh Agama Hindu merupakan pura tempat pemujaan Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Laut. 

Dalam sejarahnya keberadaan Pura Goa Lawah ini dapat ditemui dalam lontar Usana Bali dan juga lontar Babad Pasek. Dimana dijelaskan disana bahwa Pura Goa Lawah ini di bangun oleh Mpu Kuturan pada abad XI masehi, dalam dijelaskan pula bahwa Mpu Kuturan membangun beberapa Pura dalam perjalanan spiritualnya di Bali dan salah satunya adalah Pura Goa Lawah. Menurut kepercayaan Hindu, setelah melakukan upacara Atma Wedana (Memukur / Maligya) maka umat Hindu melaksanakan upacara Nyegara Gunung yang memiliki makna ke Segara (laut) dan ke Gunung yang mana upacara ini memiliki fungsi sebagai permakluman secara ritual bahwa atman keluarga yang diupacarai itu telah mencapai Dewa Pitara. Dan umumnya umat Hindu melakukan upacara Nyegara Gunung di Pura Goa Lawah (Segara) dan di Pura Besakih (Gunung).

Ditulis Oleh : Diwira Travel

Putu Edi Anda sedang membaca artikel tentang Pura Goa Lawah. Sobat diperbolehkan mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

No comments :

Post a Comment

BERKOMENTARLAH DENGAN BAHASA YANG BAIK DAN SOPAN, JANGAN SPAMMING