>

Uluwatu Bali

Kecak Pura Luhur Uluwatu 2011
Uluwatu merupakan salah satu objek wisata favorit di Bali, dengan pemandangan laut dari atas tebing di desa Pecatu, Jimbaran, Bali. Uluwatu terkenal dengan puranya yang terletak diatas tebing yang curam dan tempat bagi wisatawan yang ingin menyaksikan sunset dengan siluet pura dan laut. Tempat ini dapat dicapai dengan berkendara kurang lebih 45 menit dari Kuta, Bali.

Pura Uluwatu ini berdiri diatas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut dan merupakan pura Sad Kahyangan yang dipercaya oleh umat Hindu sebagai pura penyangga 9 arah mata angin. Dari sejararahnya, pura ini dibangun oleh seorang pendeta suci Hindu yang bernama Empu Kuturan pada abad ke 11, yang mana beliau juga yang mengajarkan segala aturan tentang Desa Adat. Pada akhir tahun 1550 seorang pendeta suci Hindu lainnya yang bergelar Dang Hyang Nirartha yang mendirikan pura Besakih dan mengajarkan ajaran Hindu Darma mengakhiri perjalanan sucinya dengan apa yang dinamakan mokhsa atau ngeluhur di tempat ini. Kata inilah yang menjadi asal muasal nama dari Pura Luhur Uluwatu.

Pura ini terletak pada ketinggian 97 meter diatas permukaan laut, yang mana sebuah hutan kecil yang oleh masyarat sekitar disebut alas kekeran dengan monyet-monyetnya terbentang di depan Pura Uluwatu ini yang berfungsi menjaga kesucian pura.

Pura Uluwatu menjadi terkenal karena tepat dibawahnya adalah pantai Pecatu yang sering sekali digunakan sebagai tempat olah raga selancar dan surfing. Dan sering kali even-even internasional dilaksanakan di tempat ini. Ombak pantai ini sangat cocok untuk olah raga selancar disamping memiliki pemandangan alam yang indah tentunya.

Ditulis Oleh : Diwira Travel

Putu Edi Anda sedang membaca artikel tentang Uluwatu Bali. Sobat diperbolehkan mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya