>

Wisata Bali Menarik - Danau Buyan dan Tamblingan


Danau Buyan

Danau Buyan adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Pancasari, kecamatan Sukasada, kabupaten Buleleng. Danau ini terbentuk didalam kaldera besar beserta dua kembarannya yang lain yaitu Danau Beratan dan Danau Tamblingan. Ketiga danau ini dipisahkan oleh hutan sepanjang satu kilometer. Namun diantara Danau Tamblingan dan Danau Buyan hanya dipisahkan oleh sebuah kolam kanal dan terhubung langsung dengan keduanya, yang oleh masyarakat sekitar disebut Telaga Aya.

Danau Tamblingan

Danau Tamblingan terletak paling utara diantara ketiga danau tersebut, tepatnya di lereng sebelah utara Gunung Lesung, kawasan desa Munduk, kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Namun tempat ini tidak dikembangkan untuk daerah pariwisata modern untuk menjaga kealamian alamnya.

Sejarah Danau Tamblingan



Diceritakan pada abad 10M sampai 14M lingkungan Danau Tamblingan adalah pemukiman yang pusatnya berada di Gunung Lesung sebelah selatan danau. Karena suatu alasan penduduknya kemudian berpindah ke empat daerah berbeda yang jaraknya masih berdekatan dengan areal danau. Keempat desa itu kemudian disebut Catur Desa , yang berarti empat desa yakni : Desa Munduk, Gobleg, Gesing, dan Umejero. Keempat desa ini memiliki ikatan spiritual dan memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk menjaga kesucian danau dan Pura yang ada di sekitarnya.
Nama Tamblingan berasal dari dua kata dalam Bahasa Bali yaitu Tamba berarti obat, dan Elingang berarti ingat atau kemampuan spiritual. Diceritakan dalam Lontar Kutara Kanda Dewa Purana Bangsul bahwa masyarakat di wilayah itu konon pernah terkena wabah epidemi. Sebagai jalan keluar seseorang yang disucikan kemudian turun ke danau kecil di bawah desa untuk mengambil air untuk obat. Berkat doa dan kemampuan spiritual beliau air itu kemudian dijadikan obat dan mampu menyembuhkan masyarakat desa. Kata Tamba dan Elingang inilah lama kelamaan menjadi Tamblingan.

 

Ditulis Oleh : Diwira Travel

Putu Edi Anda sedang membaca artikel tentang Wisata Bali Menarik - Danau Buyan dan Tamblingan. Sobat diperbolehkan mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya